Tembok Berlin (Berliner Mauer - Berlin Wall) mengguncang Kalijodo


Senang sekali ketika beberapa bulan lalu, di Kalijodo - lokasi kontroversi yang dekat sekali dengan tempat tinggal kami akan diberi "pajangan" baru, yakni beberapa segmen Tembok Berlin yang asli.

Pikiran saya langsung dibuat melayang ke tahun 2004, pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Berlin, ibukota jerman untuk melanjutkan studi saya.

====


Berlin, ibukota Jerman setelah sebelumnya di kota Bonn, memiliki penduduk 3,5 juta jiwa. Berlin sebagai ibukota, tidak jauh berbeda kekompleks-an aktifitas warganya layaknya Jakarta - ibukota Republik Indonesia. Aktifitas warganya saat mulai jam kerja, jam istirahat kerja, dan pulang kerja, memiliki keunikan sendiri, berbeda dengan kota-kota lain baik di dalam negerinya, maupun di negara lain. Jika di kota lain sebagian besar warganya sibuk memanaskan kendaraan untuk pergi ke tempat aktifitas, di Berlin warganya sibuk memeriksa jadwal transportasi umum lewat website, ataupun aplikasi henponnya karena jadwal-jadwal tadi sangat update dan berpengaruh ke tepat tidaknya warga tadi akan sampai di lokasi tujuan....selain tentunya sebelumnya mereka akan memenuhi cafe-cafe dan toko roti disepanjang jalannya menuju halte bis atau U-Bahn dan S-Bahn terdekat untuk sarapan.

Kembali ke Tembok Berlin...

Hari ke 4 saya menginjakkan kaki di Berlin, saya diajak langsung untuk City Tour oleh orang yang diberi tanggung Jawab "mengurus" kedatangan saya di Negara Hitler, yang salah satunya adalah mengunjungi lokasi sisa tembok Berlin yang dijadikan Outdoor Musem sepanjang 1 km.


Tembok yang memisahkan Jerman menjadi 2 bagian (Barat dan Timur) itu sedianya sepanjang 160km, dan berdiri tegak sejak tahun 1961, sebelum dirubuhkan kembali tahun 1989, seiring dengan bersatunya kembali Jerman menjadi Negara Republik Federal.

Tembok yang menjadi simbol "kesedihan" rakyat Jerman ini, dicoret2 dengan grafiti yang melambangkan kesedihan dan kekangenan rakyat Jerman terhadap negaranya, sanak kelarganya yang terpisah, serta keinginan mereka untuk kembali bersatu, jauh dr "penjajahan" pihak asing atas tanah mereka sejak keruntuhan NAZI saat itu. Bisa dilihat dari sisa2 tembok Berlin di dekat Sony Center dan di dekat Brandenburger Tor, yang menjadi lokasi penempatan tembok Berlin selain museum outdoor tadi.

Lalu kenapa ada Tembok Berlin di Jakarta ?

Saya pun sejujurnya tekaget-kaget ketika melihat release berita soal sumbangan 4 segmen tembok Berlin dari salah satu seniman Teguh Ostenrik kita seharga Milyaran rupiah tadi. Ternyata beliau menyimpan bongkahan tembok tadi selama ini. Tidak heran memang kalau melihat harganya, bongkahan tembok secuil sebesar setangah kelingking orang dewasa saja, yang sudah menjadi souvenir gantungan kunci, pembatas buku, dll, dijual seharga 1-4 EUR di sentra-sentra oleh-oleh seperti di Checkpoint Charlie, atau toko-toko penjual souvenir lainya didalam kota Berlin.



Menurut seniman dan arsiteknya sendiri, Instalasi seni Tembok dan Plat baja ini diberi judul "Menembus Batas", dimana korelasinya adalah di RPTRA #Kaljodo ini, semua orang dari segala status berkumpul jadi 1, tidak ada ruang atau apapun yang membatasi karena tujuannya satu, sama layaknya tembok ini ketika dirubuhkan, semua golongan menginginkan 1 hal yang sama, yankni kebebasan Jerman.


Kini, lengkaplah sudah, taman Kalijodo yang sarat dengan fasilitas olahraga standar internasional, fasilitas bermain anak, fasilitas kegiatan sosial, fasilitas kegiatan Kreatifitas, dan yang terbaru adalah fasilitas masjid berkapasitas besar disuguhkan oleh pemerintahan daerah DKI Jakarta untuk masyarakat Indonesia.




Saya dan keluarga, senang sekali memang mengunjungi Kalijodo setelah dijadikan RPTRA, sangat bertentangan ketika jaman kelam Kalijodo, melintasi wilayah ini saja, sudah bikin males terlebih malam liburan yang bikin macet dan terkesan seram.



Lebih senang lagi karena keluarga saya, yang belum pernah menginjakan kaki ke Jerman, bisa ikut punya foto "bersama" tembok Berlin...doakan kami sekeluarga bisa ke Jerman bareng-bareng yah (mungkin 5-10 tahun lagi juga gak apa-apa) :)


1 comment:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||ReplyDelete

    ReplyDelete

Powered by Blogger.