Mau berbuat nyata buat bangsa? Yuk Libur 2019 di Dalam Negeri Saja


Memasuki tahun baru 2019, selain kita mempersiapkan apa target yang harus kita raih, umumnya kita juga mempersiapkan waktu-waktu yang tepat untuk berlibur untuk me-refresh badan dan pikiran kita.
Tidak hanya yang sudah berkeluarga, yang masih jomblo pun tidak mau ketinggalan mempersiapkan rencana-rencana liburan kedepan, atau bahkan keluarga besar yang hanya bisa berkomunikasi jarak jauh seringkali sudah mempersiapkan pertemuan-pertemuan khusus ini, karena memang harus jauh hari dipersiapakan, terutama bagi family member yang bekerja rutin di sebuah perusahaan, karena tentu harus mengajukan cuti terlebih dahulu.

Selain tanggal, tentu juga harus diperhatikan, tujuan liburan kita biasanya untuk apa, dan kemana. jangan sampai, sudah jauh hari kita persiapkan tanggalnya, ternyata lokasi tujuan kita tidak tepat, sehingga apa yang sudah menjadi impian, malah bisa menghancurkan.


Kawasan pegunungan yang dingin, Pantai yang mencerahkan mata, atau lokasi umum di dalam kota seperti mall, taman-taman atau hutan kota yang belum sempat kita kunjungi, kebun binatang, perkebunan, peternakan, tempat bersejarah atau museum, semua punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal kita perhitungkan saja dan sesuaikan lagi dengan tujuan liburan kita.

Oya, petimbangkan juga kondisi keuangan yah....jangan sampai saat liburan tadi, kita habis-habisan dalam menggunakan dana, atau bahkan sampai menggunakan dana yang dialokasikan untuk kebutuhan lainnya kedepan.


Pilihan moda transportasi juga sedikit banyak berpengaruh, baik psikologis selama liburan, efisiensi waktu dan bahan bakar, serta "isi dompet" itu tadi. Apakah liburan kali ini kita akan pergi sendirian, bersama keluarga, atau rombongan keluarga besar/ rombongan lainnya?. Beruntung, saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur, khususnya bidang transportasi. Bisa dilihat hasilnya, makin banyak turis baik lokal maupun mancanegara yang datang, serta perbaikan dan pengembangan kawasan wisata, baik yang lama maupun yang baru dikembangkan. Jadi, pemilihan menggunakan moda transportasi darat, laut bahkan udara, bukan lagi hal yang sulit untuk dipikirkan. Perkembangan aplikasi-aplikasi digital juga sangat membantu, dimana jika kita sudah merencanakan jauh-jauh hari untuk berlibur, banyak sekali bertebaran "harga khusus" yang jauh lebih murah dibanding membeli mendekati hari H.


Banyaknya jalan tol, serta tumbuhnya Travel-travel serta penyewaan kendaraan darat, juga sangat mendukung "prosesi" liburan, kecepatan menuju lokasi, serta sudah lebih terjangkaunya lokasi wisata oleh kendaraan, menjadi kunci utama kita sebagai wisatawan untuk lebih cepat mencapai lokasi wisata, plus "irit" dalam mengeluarkan biaya untuk BBM.





Nah, akhirnya...bagi yang ingin berlibur dan tidak ingin mengajukan cuti secara khusus, atau hanya mengambil cuti sedikit namun memiliki waktu lebih banyak untuk berlibur, ada baiknya kita memperhatikan tanggal-tanggal "cantik" berikut untuk me-refresh diri kita tadi, dan di dalam negeri saja yah...supaya negara makin kuat APBN terus masuk, tahun ini sudah sampai US$ 20 Miliar lho (klik disini). Toh dimana-mana sekarang makin keren, gak kalah sama diluar sana.

Berikut list tanggal-tanggal "cantik" tadi :

1 Januari (Selasa): Tahun Baru 2019 Masehi
5 Februari (Selasa): Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili
7 Maret (Kamis): Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941
3 April (Rabu): Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
19 April (Jumat): Wafat Isa Al Masih
1 Mei (Rabu): Hari Buruh Internasional
19 Mei (Minggu): Hari Raya Waisak 2563
30 Mei (Kamis): Kenaikan Isa Almasih
1 Juni (Sabtu): Hari Lahir Pancasila
3-4 Juni (Senin-Selasa): Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah
5-6 Juni (Rabu-Kamis): Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah
7 Juni (Jumat): Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah
11 Agustus (Minggu): Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah
17 Agustus (Sabtu): Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia
1 September (Minggu): Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah
9 November (Sabtu): Maulid Nabi Muhammad SAW
24 Desember (Selasa): Cuti bersama Hari Raya Natal
25 Desember (Rabu): Hari Raya Natal


No comments

Powered by Blogger.