Sejarah Lengkap Mercedes Benz


Mengenal Mercedes Benz tentu tidak akan terlepas dari nama pendirinya, Karl Benz (dalam ejaan Inggris ditulis Carl Benz).
Pria bernama lengkap (nama baptis) Karl Friedrich Benz - kelahiran Mühlburg-Karlsruhe, Jerman pada 25 November 1844 ini adalah anak dari seorang insinyur kereta api yang meninggal karena pneumonia ketika ia masih berusia 2 tahun. Penghasilan yang diterima ibu Benz setelah kematian suaminya terbilang kecil, dan Benz saat itu ikut membantu menghidupi keluarganya. Sebagai anak laki-laki yang besar di dunia teknisi, Benz terpesona dengan teknologi. Ia pun akhirnya mampu menggunakan bakatnya di bidang ini untuk menghasilkan uang ekstra. Pekerjaannya yang paling awal adalah memperbaiki jam tangan dan jam dinding, kemudian ia membangun sebuah kamar gelap tempat dia akan mencetak foto-foto untuk para turis yang mengunjungi Schwarzwald atau "Black Forest", kota di dekatnya.

Keilmuan tentang teknik ia peroleh juga saat di sekolah, dimana ia bekerja sebagai asisten guru fisika. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Karlsruhe Polytechnic dan kemudian bekerja untuk sebuah pabrik mesin. Benz memiliki tujuan yang sangat spesifik untuk bekerja di pabrik mesin; ia bermimpi membuat "kereta tanpa kuda". Setelah mengumpulkan data dan pengalaman yang cukup, pada tahun 1871 ia pindah ke perusahaan kereta dan pompa di Mannheim, Jerman. Pada 1872 Benz membuka toko mesinnya sendiri dan menikahi Berta Ringer.

====

Benz cukup sukses sebagai pebisnis. Ia berhasil menjalankan usahanya dengan menjual sejumlah besar mesin dan memenangkan kepercayaan investor. Dengan dukungan keuangan inilah, ia mendirikan Mannheim Gas Engine Manufacturing Company, yang tujuannya untuk digunakan sebagian dalam mengembangkan "kereta tanpa kuda" impiannya tadi.
Meskipun usahanya cepat menghasilkan keuntungan, para investor ini tidak ingin dia menghabiskan sumber daya berharga untuk riset dan percobaan cita-cita Benz. Akhirnya, karena tidak berhasil melawan keputusan mereka, Benz memilih meninggalkan perusahaan. Dia dengan cepat kembali merintis dan menemukan investor baru dan mendirikan bisnis ketiga, "Benz and Company" pada Oktober 1883. Perusahaan itu menjual mesin gas stasioner, dimana investor baru ini juga bersedia mendukung pembuatan ide "kereta tanpa kuda" selama tidak mengurangi produksi utama mereka.

Setelah dua dekade merencanakan "kereta tanpa kuda", Benz akhirnya memiliki sumber daya untuk mewujudkannya. Pada tahun 1885, ia memulai debut mobilnya; roda tiga bermotor yang revolusioner terutama untuk penggunaan mesin pembakaran internal bertenaga bensin. Sebelumnya, kendaraan bergerak memang telah dikembangkan dengan mesin uap, tetapi mesin pembakaran internal menandai terobosan penting bagi mobil. Ini memberikan efek yang lebih ringan, lebih kompak, dan lebih efisien untuk menyalakan kendaraan. Itulah  yang membuat mobil Benz produk konsumen yang benar-benar praktis dan menarik. Karena alasan ini, banyak yang menganggap "kereta tanpa kuda" bermotor milik Benz sebagai mobil pertama di dunia.

====

Fitur penting lain dari kendaraan Benz adalah sistem pengapian listrik yang menggunakan baterai untuk menghidupkan mesin. Sistem ini menjadi model dasar untuk semua sistem pengapian selanjutnya pada kendaraan bermotor saat ini.
Selain itu, "kereta tanpa kuda" Roda tiga buatan Benz ini juga dilengkapi dengan karburator, kemudi rack-and-pinion, sistem pendingin air, dan pegas belakang sebagai kelenagkapan mesin penggeraknya tadi.


Benz mengadakan demonstrasi publik pada musim gugur 1885 untuk mempromosikan penemuannya, meskipun ia mengklaim telah pertama kali menggunakannya pada musim semi sebelumnya.
Di jalan dekat bengkelnya, Benz dan istrinya mulai mengendarai mobil di depan sekelompok saksi. Namun, karena masih canggung dan gugup, Benz yang lupa memegang kemudi mobilnya ini justru dengan cepat menabrak dinding bata disekitarnya. Beruntung tidak ada korban dari kecelakaan ini.
Walau demikian, kecelakaan itu tidak mengurangi antusiasme publik terhadap kreasi Benz. Respon positif terhadap kendaraan tersebut muncul pada musim panas berikutnya dalam publikasi koran "Neue Badische Landeszeitung".
Pada 29 Januari 1886, Benz mengajukan paten kendaraan bermotor roda tiga yang diciptakannya untuk pertama kali di Berlin, yang diberi nama "Benz Patent-Motorwagen"

====

Benz terus meningkatkan desainnya dengan memperlihatkan giginya yang kedua, mesin 3-tenaga kuda yang lebih besar, dan rem dan pegas yang lebih baik. Penjualan pertama mobil Benz terjadi pada tahun 1887, setelah dipajang di Pameran Paris awal tahun itu.



Pada Pameran Kekaisaran Munich pada tahun 1888, Benz dianugerahi medali emas untuk penemuannya. Pengakuan ini membawa banyak pesanan untuk mobil, yang pada saat itu mobil merupakan hal baru yang hanya terjangkau dimiliki oleh orang kaya. Walau demikian, tetap saja bisnisnya ini membawa ke arah yang sangat baik; sehingga Perusahaan Benz tumbuh,  dengan mempekerjakan 50 orang pada tahun 1889 dan kemudian pindah ke pabrik yang lebih besar, di mana model roda empat baru mulai berproduksi pada tahun 1890.

====

Salah satu "ganjalan" utama klaim Benz sebagai penemu mobil adalah sesama warga Jerman, Gottlieb Daimler.
Daimler telah menciptakan mesin pembakaran internal yang lebih baik dan mematenkannya lima bulan sebelum mesin Benz. Namun, kendaraan pertama yang ia gunakan untuk memasang mesin ciptaannya tadi adalah sepeda, dimana hanya bisa disebut sebagai sepeda motor pertama.
Terlepas dari itu, Daimler juga kemudian menjadi produsen mobil roda empat yang sukses dan menjadi salah satu pesaing terkuat Benz di pasar Prancis dan Jerman saat itu.

Untuk mencoba mendapatkan bagian yang lebih besar dari pasar Prancis, Daimler menciptakan mobil baru yang didasarkan pada desain 1901 Wilhelm Maybach. Mobil baru itu akan dijual di Prancis; tetapi perusahaan lain telah melisensikan penggunaan eksklusif nama Damier di Perancis.
Emil Jellinek - mitra bisnis Daimler di Austria, adalah perwakilan Daimler di Prancis. Ia mencoba menyiasati lisensi yang ada untuk nama Daimler di Prancis, dibuatlah keputusan untuk memberi nama mobil baru tadi dengan menggunakan putri tertua Emil Jellinek - "Mercedes".



Perusahaan Daimler dan Benz yang "bersaing" ini mengalami penurunan selama depresi ekonomi setelah Perang Dunia I. Untuk memperkuat peluang mereka untuk bertahan hidup, perusahaan bergabung untuk membentuk Mercedes-Benz pada tahun 1926. Uniknya, Benz dan Daimler sendiri tidak pernah bertemu. Bahkan, Daimler meninggal pada 1900, sebelum nama Mercedes diberikan kepada mobil baru ciptaannya tadi. Sedangkan Benz sudah tidak lagi terlibat erat dengan operasi bisnis, meskipun ia terus menerima pengakuan atas prestasinya sebagai pelopor otomotif.

Mobil-mobil karya Benz dikumpulkan dalam sebuah museum, di rumahnya di Ladenburg pada tahun 1929. Sedangkan saat ini Mercedes Benz museum ada di kota Stuttgart Jerman, dan menyebut dirinya sebagai "autostadt" atau Kota Otomotif.
Setelah peresmian rumahnya sebagai museum tadi, 2 hari kemudian pada 4 April 1929, Benz meninggal di rumahnya di Ladenburg, sedangkan istrinya Bertha Ringer meninggal di kota yang sama pada 5 Mei 1944.

====


Perkembangan Mercedes Benz sendiri sangat pesat. Banyaknya line up kendaraan yang diproduksi oleh Mercedes-Benz kadang membuat orang kebingungan. Apalagi untuk mengidentifikasi model antara seri A, C, S, hingga beberapa model yang dijual.

Penamaan mobil ini berlangsung hingga tahun 1994 dengan memakai sistem alfanumerik. Angka ini menunjukkan kapasitas mesin mobil jika dikali 100 dengan diikuti huruf yang memberikan info mengenai tipe bodi dan mesin.

Memang, ada beberapa mobil yang tidak sesuai dengan penamaan alfanumerik tersebut. Tetapi, nomor ini diberikan hanya untuk menentukan posisi mobil dalam jajaran unit Mercedes-Benz. Setelah tahun 1994, mereka pun mempebarui sistem tersebut dengan mengelompokkan kelas yang penamaannya sampai 3 huruf.



Biasanya para pecinta Mercedes-Benz hafal dengan kode huruf yang digunakan di setiap mobil. Berikut arti dari huruf-huruf pada kode mobil Mercedes Benz:
A/B klasse, memiliki arti kelas pertama untuk kendaraan roda empat.
C klasse, menandakan jika mobil tersebut adalah mobil "Cabriolet atau Coupe".
D klasse, memiliki arti sebagai mesin "Diesel".
E klasse, memiliki arti "Einspritzung" atau "Exclusive" mobil mesin bensin dengan sistem injeksi.
G klasse, memiliki arti sebagai kendaraan offroad, "Geländewagen".
K klasse, merupakan arti dari "Kompressor" yang berarti supercharger.
L klasse, memiliki arti "Leicht" atau ringan pada model sedan sport, sedangkan "Lang" untuk model sedan berarti Long wheel base.
R klasse, menjelaskan kalau ini adalah kelas "Rennen" atau Racing alias balap dengan tenaga besar
S klasse, berarti "Sonderkalasse" atau "Special Class" yang merupakan seri tertinggi.
T klasse, memiliki arti "Touring" yang merupakan kelas mobil yang cocok untuk dipakai perjalanan jauh dengan bentuk station wagon.
V klasse, memiliki arti "Van" yang berupa van dengan keunggulan muat banyak beban
X klasse, adalah kode khusus untuk kendaraan benbentuk besar/ truk.

Sedangkan untuk type/ jenisnya :
A Class : Hatchback
B Class : Multi Purpose Vehicle (MPV)
C Class : Saloon, Estate & Coupé
CL Class : Luxury Coupé
CLA Class : 4 Door Coupé
CLS Class : 4 Door Coupé and Estate
E Class : Saloon, Estate, Coupé and Cabriolet
G Class : Sports Utility Vehicle (SUV)
GL Class : Sports Utility Vehicle (SUV)
GLA Class : Sports Utility Vehicle (SUV)
GLK Class : Sports Utility Vehicle (SUV)
M Class : Sports Utility Vehicle (SUV)
R Class : Multi Purpose Vehicle (MPV)
S Class : Luxury Sedan
SL Class : Roadster
SLK Class : Roadster
SLS AMG : Coupé and Roadster.


Di tahun 1998, Mercedes-Benz yang memiliki jargon "Das Beste oder nichts" atau "The Best or Nothing" ini menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Chrysler Corporation.
Jalinan kerjasama ini terbentuk untuk pembuatan beberapa parts, dan juga mobil yang hendak dijual di kedua negara.

Ada cerita tersendiri dari nama Chrysler. Chrysler merupakan nama dari penemu perusahaan tersebut yang juga berasal dari Amerika Serikat. Di Asia, Chrysler menjalin kerjasama dengan beberapa produsen otomotif ternama macam Mitsubishi, dan juga Hyundai.
Nama besar Mercedes-Benz pun tetap terjaga hingga saat ini. Produsen otomotif yang lekat dengan sebutan mobil mewah dan elegan ini masih menjadi salah satu mobil premium di era modern ini.


sumber :

1. Official Website Mercedes Benz Daimler AG
2. Encyclopedia of World Biography. Copyright 2010 The Gale Group, Inc. All rights reserved
3. Wikipedia
4. Berbagai sumber




sudah tayang juga di KOMPASIANA, klik disini



4 comments:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete

  2. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete
  3. Journalists and experts utilize these platforms to report on current events, provide insights, and offer valuable perspectives on various topics. VPN Change Your IP Location For all apps In this way, articles and blogs contribute to a well-informed society by offering diverse viewpoints and in-depth analysis on matters of importance.

    ReplyDelete
  4. Explore the complete history of Mercedes Benz, a journey through automotive excellence. After delving into this rich narrative, enhance your space with fashion coffee table books. These elegant volumes not only offer style inspiration but also make your leisure moments culturally enriching and visually delightful.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.