Capsule Hotel, serasa naik kapal luar angkasa !!

Hello Gaaesss (ikutan gaya yutubers)...

Kali ini iseng mau review hotel yang lagi nge-tren. Selain bentuknya yang unik, juga harga dan fasilitasnya memang lain dari hotel seperti biasanya. Murce bingittzzz !!!

====

Sejak merebaknya berbagai aplikasi travel atau penginapan, justru makin membuat industri perhotelan "ketar-ketir". Kebanyakan hotel-hotel tadi memilih "merampingkan" usahanya atau bahkan gulung tikar. Grup-grup perhotelan besar bahkan memilih untuk "merger" atau bekerjasama dengan hotel-hotel kelas medium untuk saling memperkuat bisnisnya agar bisa bertahan.
Sedangkan yang berbisnis aplikasi sibuk bekerjasama pula dengan hotel kelas mid-low, apartemen, rumah kost, bahkan rumah pribadi, untuk menambah jumlah kamarnya agar lini pilihan penginapannya makin luas dan jumlahnya semakin besar untuk dipilih para traveller online.

Memang tidak bisa dipungkiri, yang akhirnya terabaikan adalah fasilitas. Jika dahulu kita harus membayar mahal untuk menginap di hotel karena bisa tinggal "bawa badan" saja, sekarang ini kita harus tahu hotel yang kita pesan itu punya service seperti apa. Jangan sampai, ketika budaya "tinggal bawa badan" tadi malah jadi "masalah" baru, yang ketika masuk kamar mandi tidak tersedia sabun, sampo, peralatan untuk menyikat gigi, bahkan handuk seperti yang biasa kita dapatkan dahulu.
Wajar memang, karena 5 tahun belakangan banyak pihak pengelola hotel melihat bahwa fasilitas yang diberikan ke tamu selama ini tidak maksimal digunakan, sehingga menjadi sumber pemborosan biaya operasional bagi perusahaan. Akhirnya,  muncullah tren yang kita kenal sebagai "Budget Hotel", dimana tamu dapat memilih kebutuhan apa saja yang mereka butuhkan untuk menginap; sandal hotel, televisi, safe deposit box, kulkas, bahkan kini AC juga menjadi option karena kipas sudah tersedia dalam kamar.

Tapi persaingan begitu ketat...
Selain budget hotel yang sebenarnya hanya menurunkan "option" fasilitas saja, kini hadir hotel yang betul-betul efisien, yakni dengan menurunkan UKURAN KAMAR secara drastis. Jika normal kamar single bed biasanya sekitar 3x4 meter minimal plus kamar mandi kecil, maka di hotel ini ukuran yang akan didapatkan untuk single bed adalah 2x1.5 meter dengan kamar mandi berbagi/ sharing dengan tamu lain, ditambah tinggi ruangan yang hanya sekitar 1-1.5 meter pula. Nah lho...

Mau tau apa ?
Ini dia namanya...CAPSULE HOTEL atau HOTEL KAPSUL !!

====

Ya, sesuai namanya, kamar yang disajikan menyerupai bentuk/ukuran kapsul. ramping dan memanjang.
1-2 tahun terakhir, memang mulai hadir dan menjamur di beberapa kota tujuan wisata, seperti Bandung, Surabaya, dan kota lainnya.
Memang tren ini lahir dan tumbuh pesat di Jepang sana awalnya. Dan sepertinya para pengusaha hotel disini mulai tertarik karena keunikan dan ke-efisienannya.

Bayangkan saja, sebenarnya bangunan luar yang digunakan sama persis dengan bangunan pada umunya. Namun ketika sebuah kamar yang biasa digunakan untuk kamar normal biasanya bisa dihuni 1-2 orang tamu, dengan model kapsul ini bisa dipakai hingga 6-8 orang karena modelnya dibuat menumpuk. Dan hanya dibutuhkan 1-2 ruangan yang bisa disekat untuk dijadikan ruang kamar mandi umum, efisien to the max sekali bukan ?



Jenis hotel ini sendiri awalnya "laku" di kalangan para backpacker yang sering travelling solo, atau berkelompok namun stand alone alias tidak saling berhubungan keluarga. Tapi seiring berjalannya waktu, tren ini menular ke berbagai lapisan yang ingin bepergian dengan cost penginapan yang murah, atau bahkan hanya ingin menikmati "keunikan" atau pengalaman berbeda saat menginap di hotel.

====


Sebenarnya di Jakarta pun sudah hadir beberapa hotel jenis ini, sedikitnya sudah ada 5-6 tersebar di wilayah Pluit, Kota tua dan Glodok Jakarta. Belum lagi, sudah tersedia pula di Strasiun Gambir dan Bandara Soekarno-Hatta yang baru dibuka beberapa waktu lalu.

Dan yang akan saya coba ceritakan adalah JAKPOD HOTEL yang berada cukup strategis dan termasuk kawasan Elite Ibukota, kawasan Thamrin, Jakarta..
Karena di pusat kota, hotel ini sangat mudah ditemukan dan mudah diraih dengan berbagai transportasi umum. Posisinya, di jalan Talang Betutu dekat sekali dengan stasiun MRT Dukuh Atas dan Stasiun kereta Bandara BNI City. Namanya...JAKPOD HOTEL milik grup Capsule Indonesia.

Saya sendiri kurang paham sebelum menjadi Kapsul Hotel bangunan ini dijadikan sebagai apa, namun look yang disajikan adalah bangunan sederhana seperti bangunan lama yang baru direnovasi.

Hotel ini menyediakan 76 kapsul yang terbagi ke dalam 5 kamar saja.
Untuk menjaga kenyamanan dan privasi, kapsul antara tamu perempuan dan pria disediakan terpisah. 22 kapsul untuk tamu wanita dan 54 kapsul untuk tamu pria plus 2 kapsul ukuran jumbo yang cukup untuk 2 orang, namun hanya bisa digunakan untuk tamu wanita (suami istri pun tidak boleh). Jadi, walau terbilang murah (bahkan murah banget), hotel ini dijamin tidak bisa dipakai buat esek-esek lho...Bahkan untuk anak saja, hanya yang berumur maksimal 5 tahun saja yang diijinkan ikut menginap di kamar single bed bersama orang tuanya.

Setiap tamu yang menginap akan diberi satu kartu untuk mengakses kamar dan kapsul. Berkonsep spaceship, kapsul memiliki desain yang futuristik dengan nuansa serba putih.
Layaknya pesawat angkasa seperti di film-film, setiap kapsul disediakan matras berkualitas, setiap tamu dimanjakan dengan selimut, handuk, sabun, sikat gigi, siaran TV cable, charging pot, headset, Loker Pribadi, Wifi dan lampu yang dapat dikontrol dengan sistem sentuh. Dijamin bikin betah dan nyaman berlama-lama di dalam kapsul meski seorang diri, ya gak ?


Fasilitas publik lainnya yang tersedia disini adalah Free Breakfast, Free Wifi, Free Parking, Meeting Room, Coffee Shop, Musholla.  Untuk tamu yang iseng punya waktu bersantai, hotel juga menyediakan sejumlah permainan sebagai bagian dari fasilitas kamar seperti catur, ludo dan PS4 yang ditempatkan di ruang publik dekat dengan taman outdoor. Coba bayangkan, mana ada fasilitas bejibun gini di hotel budget kan ?
Oya, dikasih sendal hotel juga lho (cocok kan buat yang suka koleksi sendal hotel ?) plus disini kita bebas membawa atau membeli makanan dari luar untuk dimakan di hotel...jadi, untuk nenteng makanan atau pesan makanan via online juga gak bikin malu lho !


Untuk kamar mandi, disediakan ruang terpisah, bentuknya layaknya toilet umum yang bersih, nyaman, dan harum tentunya karena menggunakan standar perawatan toilet hotel tentunya. Sedangkan untuk peralatan mandi, disediakan di dalam loker pribadi masing-masing tamu berserta handuk tentunya seperti yang tadi disebut diatas.
Kapsul yang berbahan ABS dan dipesan langsung dari China ini, menurut pengelola sangat aman karena berbahan sama dengan interior kabin pesawat terbang pada umumnya. Jaringan listrik didalamnya juga sangat rendah karena hampir keseluruhan perangkat listrik menggunakan teknologi LED yang berdaya listrik kecil. Ditambah fentilasi sebagai sirkulasi udara yang baik, jadi juga aman untuk ibu dan balita.

====

Nah, sudah cukup jelas kan ?

Jadi, buat yang biasa dinas pendek ke jakarta bawa 1 koper dan tas kecil sekarang gak perlu khawatir biaya bengkak, karena sudah tidak perlu bayar hotel berharga 500rb sampai jutaan lagi buat mendapatkan hotel yang bagus, nyaman, bersih dan representatif. Atau yang suka jalan-jalan singkat ke Jakarta, iseng habis olahraga CFD sepanjang Sudirman Thamrin, kayaknya cocok menginap di Hotel Kapsul ini. Toh selain irit, malah bisa gaya-gayaan buat posting di MedSos masing-masing bareng keunikan yang ada.
Koneksi transportasinya juga bagus, mudah dijangkau. Gak bawa kendaraan lebih baik demi udara bersih untuk warisan anak cucu, mobil sama motornya yang keren itu juga kan gak bisa dibawa masuk ke kamar kan? Kalau mau berkendara, tersedia juga motor listrik sewaan di depan...namanya MIGO E-BIKE, unduh dulu aplikasinya sebelum menggunakan jangan lupa



Oya, Seperti hotel pada umumnya, tamu baru bisa check in pada pukul 2 dan check out maksimal pukul 12 siang.
Ada juga paket istirahat siang 5 jam dari jam 12.00 sd jam 17.00 wib...nah ini cocok setelah CFD-an pas wiken.

Harga normal 140rb/ malam dan yang 5 jam harganya cuma 80rb rupiah saja. Sedangkan untuk double bed, sekitar 500rb dan dilengkapi meja kerja, sofa plus kamar mandi private.

So... Selamat ber-spaceship ria....


sudah tayang juga di KOMPASIANA, klik disini

2 comments:

Powered by Blogger.