MRT Jakarta : Memoles Etalase Indonesia


Walau terbilang telat bin molor dari target penggunaan saat Asian Games 2018 kemarin, akhirnya ketertinggalan dari sister city ajang Asian Games yakni Palembang terbayar sudah.
Bulan Maret ini, adalah bulan ujicoba publik dan Launching penggunaan MRT Jakarta yang sejak dulu ditunggu-tunggu kehadirannya.

====

Jakarta yang memiliki luas sekitar 661,52 km² dengan penduduk sekitar 10.374.235 jiwa (2017) ini, biasa menyebut dirinya kota metropolitan karena adanya integrasi dengan kota disekitarnya dengan sebutan Jabodetabek, yang jika dijumlahnkan secara keseluruhan berpenduduk sekitar 28 juta jiwa. Karena itulah, Jakarta memantapkan posisinya sebagai kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.
Dari jumlah tadi, diperkirakan lebih dari empat juta penduduk menempuh perjalanan menuju Jakarta setiap hari kerja. Karena itulah, masalah transportasi semakin menjadi perhatian khusus dan telah diprediksikan bahwa tanpa terobosan transportasi yang baik, maka kemacetan akan semakin sangat parah sehingga bisa-bisa kendaraan tidak bisa bergerak bahkan pada saat baru keluar dari garasi rumah pada tahun 2020.

Sejak era Gubernur Joko Widodo lah, perubahan fundamental Transportasi Jakarta mulai "dikebut". Pembenahan KRL Jabodetabek yang menjadi angkutan massal favorit dari dan menuju Jakarta "disulap" menjadi meda transportasi nyaman dan aman. Pengguna KRL "dipaksa" untuk tertib, dengan membatasi penggunaan KRL untuk angkutan sayuran, ternak, bahkan melarang pedagang asongan/ pengamen serta penumpang yang biasa naik diatap atau luar gerbong kereta. Pekerjaan ini berdampak sangat signifikan terhadap tingkat kecelakaan penumpang, ketertiban, dan ketepatan waktu perjalanan KRL (yang kini biasa disebut Commuter Line).
Tidak hanya itu, bangunan fisik stasiun dan penertiban kawasan sepanjang rel juga menjadi fokus dari pembenahan ini semua, sehingga target pelayanan publik akhirnya tercapai secara maksimal.


Joko Widodo, yang kemudian juga secara mendadak memutuskan untuk mengkaji kembali pembangunan MRT di Jakarta tidak lama setelah memenangkan Pilkada di DKI Jakarta pada tahun 2012, yang kemudian di tahun 2013 diputuskan bahwa pengerjaan MRT harus sudah berjalan dan ditargetkan selesai sebelum 2019.
Namun jika kita mau membuka-buka arsip dan ingatan kita jauh ke belakang, proyek ini merupakan proyek lama yang pengerjaannya selalu mengalami penundaan. Terhitung sudah 25 kali lebih studi kelayakan mengenai proyek MRT di Jakarta yang dilakukan sejak tahun 80-an, dan ketika mendekati tahap final Indonesia justru terkena dampak Krisis Moneter Global yang mengakibatkan "kacau"nya peta perpolitikan Tanah Air karena menjadi tidak memiliki arah pembangunan yang jelas. Seiring perjalanan Reformasi, perjanjian kerjasama pengerjaan dan desain dasar MRT, akhirnya bisa dilakukan pada tahun 2009-2010 pada masa kepemimpinan Gubernur Fauzi Bowo.

Layaknya berbagai "pembangunan ala Roro Jongrang" di Indonesia seperti pembangunan Tol "Cipularang" yang menjelang KTT Asia-Afrika 2005, Tol "Bali Mandara" yang dikebut jelang KTT APEC 2013. MRT Jakarta-pun sekali lagi, santer disebut-sebut mengejar perhelatan akbar olahraga Asia, Asian Games 2018. Diperkirakan sebelumnya, kehadiran MRT akan menjadi salah satu "hiasan" bagi kedua kota penyelenggara Asian Games, yakni Jakarta dan Palembang.

====


Seperti kita ketahui bersama, rencana pembangunan Indonesia sebetulnya sudah terpetakan dengan baik, terarah dan "seharusnya" berkesinambungan, agar terjadi peningkatan laju baik perokonomian, politik, sosial, dan budayanya.
Kehadiran MRT di Jakarta, ternyata masih meleset dari perhitungan. Berbeda dengan pengadaan MRT di Palembang yang dilaksanakan pada era Presiden Joko Widodo melalui Perpres Nomor 116 Tahun 2015 tentang percepatan penyelenggaraan kereta api ringan di Sumatera Selatan tanggal 20 Oktober 2015, MRT yang melayani rute Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II ke Kompleks Olahraga Jakabaring, berhasil selesai tepat waktu dan bisa digunakan secara efektif bagi warga dan Atlet maupun Official peserta Asian Games 2018 lalu. MRT Palembang sendiri, melayani 13 stasiun dan 1 depot dengan menggunakan kereta produksi PT Industri Kereta Api ( PT INKA) yang membentang hampir sepanjang 25km dengan beberapa stasiunnya yang terintegrasi dengan moda transportasi publik berupa bus TransMusi, yang sudah lebih dulu melayani warga dengan baik.


Untuk MRT Jakarta, Tahap 1 akan melayani rute Lebak Bulus - Bundaran Hotel Indonesia, sedangkan setelahnya yakni Tahap 2 akan melayani Bundaran Hotel Indonesia - Kampung Bandan. Yang jika dijumlahkan akan melayani jalur sepanjang 110 km lebih, yang membelah jakarta dari wilayah selatan ke utara.
Ketidak hadiran MRT Jakarta saat Asian Games 2018 sedikit mengecewakan, karena sejatinya warga Jakarta saat itu sangat antusias melihat perubahan yang sangat cepat dan signifikan pada ibukota sejak masa kepemimpinan Jokowi, yang kemudian dilanjutkan oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Berbagai fasilitas umum seperti renovasi berbagai lokasi yang menjadi ikon kota Jakarta, pembenahan bantaran kali, peningkatan kebersihan kota, layanan pemerintah berbasis IT, serta taman-taman sebagai pemenuhan kebutuhan ruang publik gratis bagi warga; MRT yang digadang akan bisa menurunkan tingkat kemacetan di Jantung ibukota tentu sangat ditunggu kehadirannya, terlebih Commuter Line juga semakin diminati oleh banyak pihak sebagai moda transportasi utama karena dinilai sudah cukup tepat waktu, aman, dan nyaman.

====


Tibalah akhirnya, MRT Jakarta mengumumkan siap untuk beroperasi dan membuka kesempatan bagi publik untuk menguji coba kelayakan operasional MRT Jakarta.
Diawali dengan pemberian nama rangkaian kereta dengan "RATANGGA" yang berarti "KERETA PERANG" oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, warga yang diwajibkan mendaftarkan diri sebelumnya via salah satu aplikasi kebanggaan Indonesia "Bukalapak" terlihat membludak. Pendaftaran yang dibuka 2 minggu sebelum dimulainya ujicoba, tidak tertampung. atah kursi yang diberikan selama 2 minggu penuh sepanjang pukul 08.00-16.00wib ludes habis dengan cepat. Antusiame ini, terlihat dari ramainya postingan di media sosial mengenai berhasilnya mereka mendapatkan jatah kursi untuk ujicoba, dan postingan mereka saat tengah menjajal "mainan" baru warga kedepannya.

Kami sekeluarga-pun tidak ketinggalan tentunya, terlebih anak pertama kami sejak awal Februari 2019 lalu sudah mulai mempersiapkan dirinya menjadi "YOUTUBERS", dan kesempatan menjajal MRT Jakarta ini direncanakan menjadi VLOG PERTAMAnya.

====

Alhamdulillah, tanggal pertama dibukanya pendaftaran yakni tanggal 5 Maret 2019 kami sudah mendapatkan "jatah" kursi tersebut, lengkap untuk 6 orang member keluarga. Rute yang kami pilih jelas dari Bundaran HI menuju Lebak Bulus (pp.), karena lokasi tempat tinggal lebih dekat ke Bundaran HI dibanding ke Lebak Bulus.

Di hari H, kami sudah semangat tidak mau terlambat, terutama anak-anak yang sudah "gatal" ingin memproduksi vlog pertama mereka, sampai-sampai kami sampai di Stasiun Bundaran HI lebih cepat 20 menit dari pembukaan gerbang pukul 08 pagi.


Setelah diijinkan masuk dengan memperlihatkan e-ticket yang kami miliki di ponsel, kami semua ditempeli sticker sebagai tanda "kloter" penumpang ujicoba. Warna sticker ini dibuat berbeda tergantung jam percobaan yang diikuti, untuk ujicoba pagi (Merah, 08.00-10.00 wib), siang (Kuning, 10.00-12.00 wib) Sore 1 (Hijau, 12.00-14.00 wib), dan Sore 2 (Biru, 14.00-16.00 wib). Oya, ujicoba publik ini sendiri berlangsung dari tanggal 11 Maret - 23 Maret 2019.

Nuansa "pembenahan" masih sangat terasa, di beberapa titik pekerja berpakaian helm proyek dan savety vest terlihat mengerjakan beberapa hal. Keseluruhan ruangan dan mesin pembelian ticket juga masih ditutupi kertas dan plastik, sedangkan petugas lainnya menyambut dengan ramah kepada semua warga yang ikut ujicoba, bahkan petugas kebersihanpun tidak kalah tebar senyum dan sapanya...manis sekali ini pikir saya.
Kekaguman dan keceriaan terlihat dari seluruh peserta ujicoba, tidak jarang mereka terus menerus berfoto di berbagai titik di Stasiun megah Bundaran HI, beberapa lainnya (sepertinya) membuat Vlog juga atau bahkan ada yang melakukan Live Show untuk memberitakan kejadian bersejarah ini.


Interior yang tersaji di depan mata kali ini terasa "familiar" jika kita bandingkan dengan kondisi stasiun SMRT Orchard Rd.-Singapore, bedanya mungkin kepadatan dan mobilitas penumpangnya saja karena ini masih ujicoba. atau, jika ada yang pernah naik Metro di Paris, ruang pemisah antara yang sudah masuk platform dengan yang belum, terlihat serupa sekali.
Setelah masuk di ruang tunggu MRT, mungkin sudah sedikit menurun "ketegangannya", karena situasi yang sama sudah kita jumpai jika kita pernah naik Skytrain di Bandara Soekarno Hatta (baca disini), tapi begitu terdengar suara pemberitahuan bahwa MRT tujuan Lebak Bulus akan mendekat dan Layar LED juga menunjukkan pemberitahuan yang sama, tiba-tiba warga yang sebelumnya sibuk kesana kemari langsung masuk antrian samping pintu dengan tertib, hanya beberapa orang saja yang masih berdiri di depan pintu yang kemudian diperingatkan petugas untuk mengantre di samping sesuai garis kuning. Hal yang sebetulnya tidak harus terjadi karena etos antre seperti tadi, sudah cukup lama diterapkan di Commuter Line Jabodetabek.


Wangi baru dan interior cerah MRT membuat "sedikit" rasa berbeda dibanding menaiki Commuter Line. Perpaduan warna arna biru cerah, abu abu dan krem, sudah sangat tepat, walau saya pribadi mempertanyakan kenapa tidak meilih warna jingga (oranye) yang menjadi simbol warna DKI Jakarta.
Kursi plastik, yang sebelumnya sempat ramai diperbincangkan di media sosial terasa nyaman. Selain karena bentuknya yang ergonomis, juga cukup lebar, beda dengan kursi yang kemarin sempat disebut sebagai kursi metro mini yang sempit. Toh, perjalanan Bundaran Hi - Lebak Bulus hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja, jadi jika kita tidak sampai ujung, kira-kira kita hanya duduk di kursi tadi sekitar 5-15 menit saja...tidak perlu kursi berbusa empuk kan?


Kalau soal ruang untuk ibu hamil, lansia dan pengguna kursi roda sama seperti di Commuter Line, sudah bagus dan tersedia cukup bagus, mulai dari layanan Lift dari luar sampai ke bawah, ruang tunggu MRT, cuma...disini anda tidak akan menemukan Guiding Block atau garis-garis kuning khusus penunjuk jalan Tunanetra di lantai Stasiun, karena semuanya menggunakan warna abu-abu, beda dari biasanya.

Di setiap stasiun, terhitung kereta berhenti untuk menaik turunkan penumpang sekitar 10-15 detik saja, yang ketika ditanyakan kepada security yang bertugas diatas gerbong, menurutnya waktunya bisa bertambah, tergantung banyak tidaknya yang sedang naik/turun, karena penutupan pintu bisa dilakukan manual oleh masinis selain otomatis lewat sensor.


Oya, MRT Jakarta ini dioperasikan full secara otomatis dan sensor dari Depo Lebak Bulus. Masinis yang ada di kepala kereta hanya sebagai "jaga-jaga" apabila terjadi masalah dalam perjalanan, menurut petugas lain yang juga saya tanya. Selain untuk menjaga ritme perjalanan agar tepat waktu, kontrol otomatis tadi juga dilakukan untuk menjaga perjalanan kereta agar stabil dirasakan oleh penumpang.

====

Kekecewaan justru ketika kereta mulai berjalan dan masuk ke stasiun setelah bundaran HI, mungkin karena belum selesai terpasang; tidak ada sinyal komunikasi telepon. Sinyal baru ada lagi ketika mulai keluar dari terowongan mendekati Stasiun Sisingamangaraja yang memang berada diatas (elevated). Hal ini agak menganggu, terutama di jaman komunikasi seperti sekarang ini.


Belum lagi mengenai "look" tiap stasiun terlihat MIRIP, saya perhatikan pembedanya untuk yang dibawah tanah hanya lantainya saja, itupun warnanya hampir sama juga; sedangkan yang elevated/ luar ruang hanya atapnya. Saya yang pernah tinggal di luar negeri, dan merasakan hampir semua moda transportasi massal hampir di seluruh kota di wilayah Eropa dan Amerika, sulit membedakan setiap halte yang dilewati. Jika di Eropa dan Amerika untuk desain interior masing-masing nya memiliki kekhasan tertentu, disini saya merasa semuanya MIRP. Sehingga agak sulit mengetahui stasiun tadi jika dalam kondisi kaget, baru terbangun tidur, bengong, dll, dimana biasanya mengakibatkan kita turun dari kereta secara spontan karena merasa sudah sampai malah jadi SALAH STASIUN, walau memang pemberitahuan via suara didalam gerbong, tulisan di layar LCD di atas pintu sudah jelas, namun tulisan nama stasiun di luar kereta sangat kecil, dan kurang besar, bahkan di dinding terluar masih berupa coran beton yang belum dirapikan, padahal biasanya di dinding inilah nama stasiun juga ditulis dan dibuat besar plus berulang beberapa kali sebagai petunjuk lokasi selain ruang juga untuk para pemasang iklan.


Sign system alias plang petujuk juga bentuknya terlalu kecil. Perlu agak mendekat sampai akhirnya tulisan yang tertera di petunjuk tadi terbaca. Mata saya yang terbilang sehat (karena tanpa kacamata) ini saja terasa sulit melihat, apalagi mungkin bagi yang berkacamata, terlebih jarak antar petunjuknya juga agak jauh. Rasanya, dengan merubah bentuk menjadi lebih besar dan lebih banyak bisa tetap menjaga estetika desain interiornya deh.

Masih kurangnya integrasi moda transportasi, sebaiknya Pemprov segera merubah rute Transportasi bus untuk bisa menjadi 1 kesatuan moda transportasi massal.

Mungkin MRT ini akan sepi peminat, atau justru sebaliknya, karena gosipnya penumpang "hanya" dipungut biaya 10 ribu sama rata, layaknya pemberlakuaan tarif 3500 rupiah untuk menggunakan layanan bus Trans Jakarta. Jadi, jika dipikir-pikir dibanding naik ojek online dari Lebak Bulus - Bundaran HI yang kepanasan/kehujanan, berdebu, kena macet, dan makan waktu lebih dari 40 menit; saya berpikir rasanaya justru MRT akan membludak penumpangnya, aman, nyaman, ber-AC, bebas hambatan pula. Namun sayang, jumlah tempat duduk yang tersedia terlihat hanya sedikit di tiap stasiun. Mengingat waktu tunggu yang diberlakukan antar kedatangan masih 10 menit, cukup lama buat penumpang yang "lumayan" jarang berdiri dan naik turun tangga ini.


1 hal lagi, untuk awalan, mesin pengisian ulang/pembelian tiket otomatis juga sepertinya masih sedikit sekali. Khawatir saja, jika MRT ini akan menjadi favorit, atau minimal di jam-jam kerja, karena dinilai lebih efektif mengejar waktu ditengah kemacetan untuk berpindah lokasi, atau jam makan siang karena melintas di lokasi-lokasi strategis pusat jajanan, saya pikir mesinnya perlu diperbanyak nih.

====


Secara garis besar, semua sudah bagus. Bersih, nyaman, bahkan fasilitas umum seperti Toilet juga bagus dan terjaga kebersihannya karena dikawal 2 orang petugas kebersihan yang terus standby.
Sebuah perubahan nyata dan usaha kuat dari pemerintah demi melayani warganya dengan baik, serta tantangan baru bagi warganya untuk menjaga apa yang sudah dihasilkan dari pembayaran pajaknya untuk dijaga demi kepentingan pribadi dan orang lain tentunya. Karena saya sangat kecewa sekali, di berita disampaikan saat ujicoba ini sudah ditemukan beberapa kursi yang dicoret-coret, bahkan jelas sebelum dioperasikan beberapa gerbong kereta MRT ini sudah menjadi target Vandalisme warga yang tidak bertanggung jawab, sebuah "level" terendah untuk status warga negara.



Mari kita dukung, kita jaga bersama, seluruh aset bangsa milik publik ini. Sudah saatnya Indonesia memiliki banyak hal seperti di negara lain. Sudah saatnya kita pertahankan rupiah agar tidak lagi dihambur-hamburkan di luar negeri hanya sekedar kita ingin berfoto di depan MRT, di airport yang bagus, di kereta dalam bandara, di pelabuhan yang megah, atau bangga ketika kita selfie di lokasi wisata yang terlihat bersih dan nyaman.
Indonesia sedang menuju ke arah itu, sudah saatnya kita bangga dengan apa yang kita punya. Jakarta terus berbenah, kedepan saya yakin akan banyak lagi terjadi perubahan yang baik...Katanya juga akan ada MOTOGP dan mungkin OLIMPIADE; yang kalaupun tidak diselenggarakan di Jakarta nantinya, pasti mereka akan "mampir" ke Jakarta, yang saat ini sedang dipoles agar terlihat cantik, karena Jakarta adalah etalase Indonesia.





sumber 1               sumber 2               sumber 3               sumber 4

3 comments:

  1. Cari situs yang menjamin jackpot disetiap permainannya? Yuk gabung bersama Pokervita progessive jaackpot hingga ratusan juta rupiah. Nikamti juga berbagai permainan populer yang tersedia di Pokervita, 8 permainan dapat dimainkan dalam 1 user id.

    Nikamti Promo Terbesar Dari POKERVITA Situs Judi BandarQ Terpercaya.
    * Promo Bonus Turnover Harian/Mingguan/Bulanan
    * Promo Refferal 15% Seumur Hidup

    DAFTAR POKER ONLINE

    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    Agen Bandar66 Online Terpercaya

    ReplyDelete
  2. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  3. numpang promote ya min ^^
    Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Powered by Blogger.