[CICIP] Bakso Botak, yang Memang Tidak Berambut


Warung Bakso di kawasan Kavling Polri Jelambar ini sudah merupakan lokasi yang tidak asing bagi warga seputaran Grogol Jakarta Barat.

Warung yang berdiri tahun 1990an ini, sejak dulu ramai pengunjung. Bukan karena tidak ada saingan, namun bakso dengan judul "BAKSO BOTAK" inilah yang membuat warga dan pengujung berdatangan. Selain penasaran, rasa enak dan harga terjangkau tentunya menjadi daya pikat.

====


Kios bakso yang "look"nya dipertahankan sejak berdiri dan hanya mengalami sedikit perubahan ini, memang terbilang agak "terpencil", namun sejak tersohor, lokasi ini terus diburu para pelanggan yang penasaran atau ketagihan dengan rasanya.

Malangnya, bulan Februari 2019 lalu, warung bakso yang juga bersebelahan dengan warung lainnya ini, sempat terdampak kebakaran hebat. Tapi Alhamdulillah cepat merecoveri diri, sehingga hanya dalam waktu 1 minggu sudah bisa melayani pelanggannya kembali.


Warung yang fokus hanya menjual penganan berupa Bakso ini, sejak tahun 2000an mulai mengembangkan menunya, dengan menyediakan berbagai variasi nasi goreng seiring dengan terus meningkatnya pengunjung dan jam buka layanan. Jika dahulu mereka hanya melayani pengunjung sejak jelang makan siang dan tutup menjelang waktu isya', sejak menyediakan nasi goreng, mereka rutin buka sejak pukul 10 pagi hingga 10 malam. Itupun juga karena memenuhi "demand" lokasi sekitar yang sekarang ramai menjadi rumah kost karyawan dan mahasiswa kampus yang tersebar di seputaran Jakarta Barat.

====


Sejak dulu, kami yang merupakan pecinta kuliner Bakso ini merupakan langganan tidak tetap  di warung bakso botak ini. Bukan karena tidak loyal, tapi memang kami yang suka jajan ini, lebih sering berkeliling mencoba lokasi lain yang merupakan tempat kuliner yang memang sudah heboh, atau memang lokasi baru yang sengaja dimampiri untuk mencoba merasakan menu-menu makanan dan minuman yang ada.

Kami tahu betul bagaimana perubahan fisik, interior, bahkan daftar dan harga menu yang disajikan :)

====


Menu bakso disini, sama seperti menu bakso lainnya. Berkutat di bakso halus, bakso urat, bakso telur, dengan penambahan mie kuning, bihun, atau tahu.
Yang berbeda disini tidak tersedia kol, atau tauge, yang biasanya disediakan di warung-warung bakso atau gerobakan. Bahkan daun sawi, yang merupakan jenis sayur yang biasa dimasukkan dalam mangkok saat penyajian bakso, disini tidak akan diberikan kecuali memang diminta. Jadi, kalau mangkok bakso sudah tesaji di meja dan kita lupa meminta daun tersebut, maka pelayan akan datang kembali dengan mangkok berisi daun sawi secara terpisah.


Untuk menu baksonya seperti yang sudah disebut diatas tadi, hanya saja disini juga disajikan porsi bakso khusus, seperti saya yang biasa memesan bakso 2 mangkok sekaligus (atau 2 mangkok jadi 1), disini tersedia menu 10 bakso dalam 1 porsi baik untuk bakso halus maupun bakso urat.
Bakso halus, memang dirasa terlalu "halus" sampai-sampai agak berasa "ngempos", sedangkan bakso uratnya terasa halus walau teksturnya terlihat "tranjal tronjol", yang menurut saya pribadi memang agak "kurang berurat".
Bagi pecinta tetelan, gajih alias lemak juga jangan takut, jika kita memesan bakso urat, sudah pasti akan diberikan tetelan sebagai "pemanis", namun jika memilih bakso halus-pun tetap bisa minta tetelan juga kok, jangan khawatir...hahahahahaha


Kalau rasa, memang sedap dengan daging sapinya yang terasa sekali, serta kuah yang cukup gurih dan lezat. Ditambah, racikan akhir bakso ada di tangan pelanggan masing-masing, karena seluruh perasa seperti kecap manis, kecap asin, saos tomat, sambal, garam, cuka, tersedia diatas meja makan dengan lengkap. Bahkan bawang goreng, seledri, bawang daun, dan yang tidak kalah yakni asinan lombok kering ala cina (apa ya namanya ? yam ce atau tong cai gitu ya? lupa) masih tersedia disini, dan boleh diambil sepuasnya.

Untuk minuman pun masih seperti dulu, jus-jus buah disajikan kental demi kepuasan pelanggan. Bahkan untuk es jeruk, tersedia jeruk murni (tanpa penambahan air) selain es jeruk biasa yang ditambahkan air, yang baru-baru ini jadi trend dan sering kita jumpai di restoran-restoran terkenal.

====

Interior yang dulu sangat sederhana, sejak tahun 2000an mulai mengalami perubahan, pembenahan sana sini, sekaligus menambah jumlah kursi untuk pelanggan yang akan makan ditempat mulai diperhatikan. Toilet yang tersedia pun termsuk dalam pembanahan demi menambah kenyamanan.
Ruang makan ber-AC pun disiapkan dan bahkan diperluas mulai tahun 2014-2015, seriing dengan mulai diperketatnya aturan dilarang merokak di lingkungan umum oleh Pemprov DKI Jakarta.


Perlengkapan penyedap rasa dan kerupuk yang lumayan memenuhi meja juga diperhatikan, akhirnya kerupuk dan emping yang sudah dibungkus per porsi tadi, naik ke atas, sejajar dengan masing-masing meja pengunjung. Sedangkan kerupuk bulat yang didalam kaleng, dipindah hanya ditaruh di meja kasir, dan bisa diminta jika dibutuhkan. Walhasil, meja yang dulu cukup sempit, kini agak "luas" dan nyaman saat digunakan untuk bersantap.

Overall, baksonya enak walau kurang "nendang" dan harganya relatif mahal dibanding baso sejenis atau bahkan lebih mantap.





Nah...kayaknya segitu saja cukup yah, jalan-jalan kuliner kali ini. Silakan mampir jika penasaran atau ada waktu.

Pokoknya saya jamin, bakso disini botak tidak berambut !!






3 comments:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  3. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Powered by Blogger.