[RACIK] Nata de Aloe Vera Bikinan Sendiri


Kalau dulu, di keluarga kami, mamah sering mengoleskan lidah buaya di rambut anak-anaknya biar subur dan kuat sampai ke akar katanya. Orang tua kami ini memang suka bercocok tanam di tanah-tanah sekitar rumah, dan beberapa jenisnya bukan cuma tanaman hias untuk mempercantik saja, tapi tanaman yang berfungsi jamu/obat.

Kesukaan itu, menurun ke saya juga yang akhirnya suka bercocok tanam plus memenfaatkan sebagian kecilnya untuk tanaman "berkhasiat", misalnya daun sirih, katuk, lidah buaya, dll.

====

Sekitar tahun 2000-an, saya pribadi suka sekali membeli Nata de Aloe Vera yang saat itu hadir sebagai manisan cepat saji dalam kemasan jar (ember kecil) yang harganya cukup lumayan...mereknya WONG COCO dengan berat 1000gr per jarnya.


Lama setelah itu, ketika saya menikah dan punya rumah sendiri. Di space tanah yang kecil depan rumah, kami tanami sepasang bibit lidah buaya yang tidak kami sangka tumbuh lebat dan subur dimana lebar masing-masingnya rata-rata sekitar 5-7cm. Awalnya, seringkali kami potong lalu kami pakai getahnya untuk rambut, yang kemudian pohon tadi justru semakin subur, banyak dan besar.
Baru kemudian kami berpikir, kenapa gak coba sendiri membuat manisan Lidah Buaya, daripada setiap bulan kami selalu membeli manisan Lidah Buaya tadi, yang terkadang dirasa kurang karena sekeluarga memang suka dengan manisan lidah buaya ini (padahal sebulan belinya sampe 3 jar lho).

====

Sedikit baca-baca di beberapa artikel di media cetak dan online, tidak hanya bisa dijadikan sebagai obat oles atau masker, daging lidah buaya memang bisa dikonsumsi langsung setelah membersihkan getahnya. Selain punya rasa yang enak, berikut manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi lidah buaya:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan
Sering susah buang air besar atau punya masalah pencernaan lainnya? Coba konsumsi lidah buaya secara rutin deh, karena memiliki kandungan bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa nutrisi pada lidah buaya mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus sehingga dapat menyehatkan sistem pencernaan.

2. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung
Penyakit jantung yang paling ditakuti banyak orang, karena bisa terjadi secara tiba-tiba dan tanpa disadari. Namun, dengan mengonsumsi lidah buaya secara rutin, kamu bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut. Nutrisi yang terkandung pada lidah buaya dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko seseorang terkena kolesterol.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Belakangan ini, sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman yang dikenal juga dengan sebutan aloe vera ini mempunyai sifat anti bakteri dan mengandung nutrisi yang dipercaya mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Studi di Journal of India Society of Periodontology juga mengungkapkan bahwa makan lidah buaya secara teratur bisa mengatasi plak dan masalah gigi pada umumnya.

4. Mengobati Penyakit Reumatoid Arthritis
Rheumatoid artritis atau yang dikenal juga dengan sebutan radang sendi merupakan penyakit autoimun yang terjadi karena tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Nah, beberapa studi menyebutkan bahwa lidah buaya merupakan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini. Mengonsumsi lidah buaya selama dua minggu berturut-turut dapat mengobati nyeri akibat reumatoid arthritis.


Tapi ingat, walaupun banyak manfaatnya...ada beberapa kelompok orang yang Tidak Dianjurkan Mengonsumsi Lidah Buaya lho. Simak listnya :

1. Anak-anak di bawah umur 12 tahun. 
Lidah buaya belum tentu cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang masih kecil dan dapat menyebabkan mereka mengalami sakit perut, diate atau kram. Jadi, hindarilah memberikan anak-anak lidah buaya, kecuali atas anjuran dokter.

2. Ibu hamil dan menyusui. 
Lidah buaya dikaitkan sebagai pemicu keguguran dan cacat lahir. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi lidah buaya.

3. Pengidap wasir. 
Lidah buaya bisa memperburuk kondisi pengidap wasir.

4. Orang yang akan menjalani operasi. 
Makan lidah buaya dapat mengganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi. Jadi, tidak disarankan mengonsumsi lidah buaya menjelang operasi.

====

Ya sudah, akhirnya diputuskanlah coba-coba bikin sendiri, selain karena memang sudah menjadi salah satu makanan/ cemilan favorit, sekalian juga untuk "merapikan" space untuk tanaman "berkhasiat" tadi agar kelihatan lebih rapi.

Berikut bahan-bahannya kalau memang sudah niat dan Aloe Vera (Lidah Buaya)nya sudah siap :

1. lebih kurang 5 batang lidah buaya uk. sedang/ besar (lebar 4-7 cm)
2. 1 sdm garam dapur
3. kira-kira 2 sdm gula pasir
4. 300-500 ml air rebus
5. 2 buah jeruk lemon/ jeruk nipis
6. Es batu

Cara membuatnya :

1. Kupas lidah buaya dan potong kotak-kotak sesuai selera. Agar mudah dalam prosesnya, kupas salah satu sisinya terlebih dahulu baru dipotong sesuai selera, kemudian kupas dan buang sisi yang tadi masih menempel.

2. Beri garam dan cuci di dalam mangkok dengan sedikit diremas-remas, lalu saring; bisa diulang sampai 2-3x

3. Cuci lidah buaya dibawah air mengalir, sampai terasa tidak ada lendirnya; silakan juga diulang berkali-kali, lalu tiriskan

4. Campurkan air dan gula ke dalam panci, panaskan dengan api kecil, lalu masukkan lidah buaya. Aduk perlahan hingga mendidih
5. Aduk dalam kondisi mendidih sekitar 5-10 menit

6. Matikan api, tiriskan dengan mengangkat lidah buayanya saja dan langsung masukkan kedalam es batu.
7. Manisan Lidah buaya siap dihidangkan.


Cara menyajikan :

1. Siapkan sirup dalam gelas
2. Ambil lidah buaya yang sudah didinginkan secukupnya, masukkan kedalam gelas
3. Campurkan perasan jeruk nipis/lemon secukupnya untuk menambah kesegaran
4. Tambahkan es batu bila perlu
5. Foto-foto sebelum dimakan
6. Santaaaappppp


Gampang kan? Yuk bikin sendiri juga.....











sumber 1


6 comments:

  1. numpang promote ya min ^^
    Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  4. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  5. Halo semuanya
    Saya Ahmed Sabindut dan membawa kepada Anda informasi yang sangat penting tentang pinjaman dan saya ingin memberi tahu Anda bahwa Anda harus bijak tentang bagaimana cara Anda memberi pinjaman di internet karena banyak dari pemberi pinjaman pinjaman online penipu mereka tidak nyata dan saya punya menjadi korban bagi banyak pemberi pinjaman palsu online
    Seperti yang mereka katakan, "Nothing Gose for Nothing", jadi saya harus membayar untuk mendapatkan pinjaman dari mereka dan setelah banyak janji manis, itulah cara mereka merobek uang hasil jerih payah saya. Semua harapan hilang saya tidak bisa memberi tahu istri saya apa yang bahagia dan saya sekarat dalam diam tidak ada uang untuk membeli susu untuk anak saya dan biaya kuliah saya juga harus membayar dan uang bisnis saya telah digunakan untuk membayar perusahaan pinjaman. Suatu hari saya setia ada di internet ketika saya melihat iklan dari sebuah perusahaan pinjaman bernama GLOBAL FUND FOUNDATION mengatakan bahwa mereka memperlakukan setiap orang sama-sama terlepas dari nilai kredit mereka dan mereka terdengar sangat percaya diri pada iklan tersebut
    Saya mengambil alamat gmail YAYASAN GLOBAL dan saya menghubungi perusahaan, mereka menyambut saya dan meminta informasi saya yang saya sampaikan kepada mereka dan melalui proses peminjaman mereka dan setelah ketika seorang pengacara menghubungi saya dan memberi saya informasi lebih lanjut tentang aplikasi pinjaman dan keyakinannya jika saya gagal membayar kembali jadi saya meyakinkan pengacara bahwa saya akan membayar kembali setelah set dan selesai mereka memberi saya dokumen pinjaman untuk dicetak ketika itulah saya tahu saya dengan pemberi pinjaman yang tepat jadi saya mencetak dokumen yang ditandatangani dan dikirim salinan pindaian dokumen kepada mereka pergi melalui tahap akhir pinjaman saya sehingga perusahaan meyakinkan saya bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya pada hari berikutnya karena waktu hilang untuk melakukan transfer kepada saya dan mereka meyakinkan sehingga saya berharap dan berdoa dan untuk kekaguman terbesar saya, pinjaman saya sebesar 350 juta dikreditkan ke akun saya, saya tidak percaya jadi saya lari ke bank dan menemukan bahwa uang itu masuk.
    SO INI ADALAH PEMBUKA MATA UNTUK SEMUA KAMU DILAKUKAN MENCARI PINJAMAN, JANGAN MEMBERI DAN ANDA JUGA DAPAT BERLAKU
    YAYASAN PENDANAAN GLOBAL $$$$ globalfundfoundation9@gmail.com $$$$$

    ReplyDelete
  6. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.