Buku Tematik SD - MI - SMP - MTS - SMA - MA - SMK - MAK Kurikulum 2013, Edisi Revisi 2017 - 2018 TERLENGKAP !!




Sejak diberlakukannya Kurikulum 2013, pemerintah melalui Kemendikbud (d/h Depdikbud), menerbitkan buku-buku pegangan bagi siswa dan guru yang diberi nama BUKU TEMATIK, yang diperuntukkan bagi jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK (se derajat).

Buku-buku ini diberikan secara cuma-cuma (baca: dipinjamkan) bagi siswa yang menempuh pendidikan di sekolah-sekolah negeri di seluruh Indonesia. 

===

Namun, penyediaan buku-buku tadi terkendala jumlah yang tidak seimbang dengan jumlah siswa yang bersekolah. Sehingga diberlakukan pemerataan agar setiap sekolah di tanah air bisa memiliki buku-buku tadi sebagai bahan ajar.

Lalu, bagaimana dengan yang tidak memiliki buku tersebut ?
Di kota-kota besar, para orang tua bisa membeli buku tadi, karena Pemerintah melegalkan penerbit untuk menjual buku tadi, asalkan masih sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) yang sudah tercetak diatas cover buku.
Atau pemerintah juga dengan sigap menyediakan Laman web BSE (Buku Sekolah Elektronik), dimana baik orang tua maupun Guru dapat mengunduh buku-buku Tematik tadi sesuai kebutuhannya.

===

Sekali lagi, tidak ada gading yang tak retak.

Walau demikian, kendala buku elektronik masih dirasakan sulit bagi wilayah yang terkendala listrik, perangkat elektronik, serta koneksi internet, yang belum maksimal. Sampai saat ini, pemerintah melalui kementerian terkait terus berusaha meningkatkan kapasitas listrik, serta wilayah cakupan internet ke segala penjuru tanah air, yang sejak 2019 lalu sudah dicanangkan TOL LANGIT dan akan rampung akhir 2021, dimana setiap wilayah indonesia siap tercover jaringan internet berkecepatan tinggi, sekaligus penyediaan listrik hingga ke pelosok oleh PLN dengan program INDONESIA TERANG.

===

Namun, kondisi inipun masih juga terjadi masalah. Walau masalahnya ini merupakan hal wajar dan juga dialami oleh laman-laman web besar lainnya di belahan dunia manapun.

Masalahanya adalah, jika sebuah laman diakses secara bersamaan dalam jumlah besar, seringkali mengalami overload dan mengakibatkan tidak bisa diakses selama beberapa waktu.

Dan seperti biasa, jika awal tahun ajaran baru, banyak orang tua dan guru yang tidak kebagian "jatah" buku tadi, pasti memilih membeli atau mengunduh buku tematik tadi, yang berakibat down-nya laman web saat diakses secara bersamaan dalam jumlah besar.

Karena banyak orang tua siswa, terlebih di masa pandemi ini lebih memilih memiliki buku tematik digital dibanding fisik dikarenakan saat ini sudah lagi bukan masa PSBB, sehingga sudah harus kembali bekerja, atau tidak memilih membeli secara fisik baik secara langsung maupun online karena tidak tahu asal usul buku tadi apakah bebas virus atau tidak.

===

Disini saya mencoba membantu agar kondisi overload laman web Buku Sekolah Elektronik (BSE) tidak terjadi, dan laman Blog ini bisa menjadi alternatif lokasi untuk mendownload buku-buku tematik tadi.

Semua saya dapatkan secara GRATIS dan insyaalloh tetap saya bagikan juga disini secara GRATIS PULA.

Silakan di klik link-link terlampir sesuai tingkat atau kebutuhan Bapak/Ibu untuk media pembelajaran anak-anaknya di rumah dalam masa pandemi ini, atau untuk kemudian hari jika sudah masuk secara fisik ke sekolah.

Untuk keseluruhan buku ini, merupakan Buku Tematik resmi Kemendikbud dengan Kurikulum 2013 dan buku edisi Revisi 2017-2018 untuk tingkat SD - MI - SMP - MTS - SMA - MA -SMK - MAK

===



No comments

Powered by Blogger.